Beranda | Artikel
Kisah Gharaniq dan Hijrah ke Habasyah yang Kedua - Faedah Sirah Nabawiyah (Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.)
Jumat, 6 Juni 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Musri Semjan Putra

Ceramah agama sirah nabawiyah dan faedah-faedahnya oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.

[sc:status-faedah-sirah-nabawiyah-ustadz-ali-musri-semjan-putra-2013]

Ringkasan Ceramah Agama: Faedah Sirah Nabawiyah

Kisah Gharaniq, Sebuah Kisah Palsu

Apa itu Kisah Al-Gharaniq? Kisah Gharaniq yaitu tentang sebab kembalinya sebagian dari orang-orang yang berhijrah ke Habasyah. Ada yang menyebutkan, bahwa sebab kembalinya sebagian kaum Muslimin yang pada awalnya mereka berhijrah pada bulan Syawwal, kemudian mereka kembali sekitar bulan Dzulhijjah atau beberapa bulan setelah itu, disebabkan karena adanya berita atau isu yang sampai kepada mereka, bahwa kaum Muslimin telah mencapai kesepakatan kedamaian, semacam perundingan perdamaian, berbagai kaum musyrikin.

Namun, sebab perdamaian yang diisukan itu adalah (sebagaimana) dalam kisah / hadits yang masyhur yang disebut dengan Kisah Al-Gharaniq, (di mana) ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan / memuji Tuhan-tuhan orang musyrikin. Kisah ini didhaifkan oleh kebanyakan para ulama muhadditsin, di antaranya Syaikh Albani, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, demikian pula Ibnu Katsir rahimahullahu Ta’ala; (mereka) menyebutkan, bahwa kisah itu tidak benar tentang bahwa orang musyrikin sujud dikarenakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyebut / memuji sebagian sesembahan orang musyrikin.

Kisah Hijrah ke Habasyah yang Kedua

[09:27]
Kemudian, kaum Muslimin berusaha kembali ke Mekkah setelah mendengar isu tentang sujudnya kaum Musyrikin di Ka’bah bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam (Kisah Gharaniq ketika membaca Surat An-Najm. Sebagian mereka berusaha kembali (ke Mekkah). Namun, setelah mereka mendekati Kota Mekkah, mereka mendapati informasi bahwa berita itu benar. Akhirnya, mereka kembali lagi, hijrah, ke Habasyah, dan ini yang disebut dengan Hijrah ke Habasyah yang Kedua.

Kisah panjang namun sarat akan hikmah dan faedah sehingga sangat sayang apabila kita melewatkannya. Mari kita simak ceramah agama ini, agar kita dapat memetik banyak pelajaran darinya, insya Allah.

Download Ceramah Faedah Sirah Nabawiyah: Kisah Gharaniq dan Hijrah ke Habasyah yang Kedua – Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.

Silakan share pengisahan sejarah Nabi Muhammad oleh Ustadz Dr. Ali Musri, M.A. ke Facebook, Twitter, dan Google+.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/8730-kisah-gharaniq-dan-hijrah-ke-habasyah-yang-kedua-faedah-sirah-nabawiyah-ustadz-dr-ali-musri-semjan-putra-ma/